Sabtu, 07 Februari 2009

Snow Flower


Diterjemahkan dari Snow Flower and The Secret FanKarya Lisa See


Penerjemah : A. Rahartati Bambang HaryoProofreader : Emi KusmiatiDiterbitkan oleh Penerbit Qanitax+ 556 h.: 17,5 cm


Buku yang mengambil latar belakang kehidupan wanita Cina pada abad ke-19 ini mempunyai dua tokoh utama yaitu Lily dan Bunga Salju. Pada masa itu, perempuan Cina harus menjalani masa pengikatan kaki untuk memiliki kaki yang ramping dan runcing, yang berbentuk bunga lili emas.


Masa pengikatan dilakukan pada usia enam tahun dan berlangsung selama dua tahun. Tidak sembarangan dalam melakukan pengikatan kaki, karena harus meminta bantuan seorang peramal untuk menentukan hari baik dan mencarikan teman sejati.


Lily bernasib bagus. Peramal dan mak comblang yang dimintai tolong Mamanya, meramalkan, Lily memiliki keistimewaan dan kaki miliknya menjadi kaki yang paling sempurna di tempat tinggalnya. Karena itulah Lily berhak memiliki laotong, saudara kembaran hati.


Masa pengikatan kaki ternyata adalah masa penderitaan. Namun semua orang tak peduli. "Seorang wanita sejati, tidak membiarkan keburukan merasuki hidupnya. Hanya melalui rasa sakit kaudapatkan kecantikan. Hanya melalui penderitaan kaudapatkan kedamaian."


Laotong Lily adalah Bunga Salju. Keduanya dilahirkan pada hari, jam, bulan dan tahun yang sama. Memiliki jumlah saudara laki-laki dan perempuan yang sama, anak ketiga dan kaki mereka diikat pada hari yang sama.


Karena tinggal ditempat yang berjauhan, Lily dan Bunga Salju berkomunikasi melalui kipas rahasia yang berisi tulisan rahasia, nu shu, yang digunakan perempuan pada masa itu. Dari nu shu-lah, semuanya teruraikan. Semua tentang bahagia dan derita.(Indsib)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bubbly