Kamis, 27 Januari 2011

Berteman dengan Kesendirian

Friday, 28/01/2011 09:11 WIB | Oleh: Octa Devy

Sendiri dan kesepian seringkali mendera para kaum wanita. Apalagi ketika segala sesuatu telah berubah, orang-orang yang terlihat di sekitar semakin menua, atau teman dan sahabat mulai menjauh dengan kehidupan masing-masing.

Namun ketika Anda merasa menjadi satu-satunya lajang yang tersisa, sebuah studi menunjukkan fakta sebaliknya. Anda tidak sendirian.

Kesepian atau isolasoi sosial saat ini justru lebih menonjol daripada yang dialami oleh generasi yang lalu. John T. Cacioppo, seorang ilmuwan syaraf yang telah mempelajari isolasi manusia dan koneksi selama tiga dekade, belum lama ini mengungkapkan bahwa 20 persen penduduk merasa sedih terisolasi pada waktu-waktu tertentu, walaupun semua sahabat dan orang-orang yang menyukai mereka mungkin telah berkumpul di Facebook dan situs-situs jaringan sosial lainnya.

Kesepian yang dirasakan sebenarnya merupakan respon fisiologis atau agen perubahan yang membantu manusia menghindari bahaya isolasi kronis.

Kabar baiknya, setiap individu memiliki kekuatan untuk mengubah cara mereka melihat sesuatu. Seperti segala sesuatu yang lain, mengatasi kesepian semata-mata seni menyeimbangkan yang melibatkan hal-hal berikut ini:

Ubah gaya hidup
Makan malam sendirian di depan televisi setiap hari sepulang bekerja, bisa menjadi malapetaka yang memperparah rasa kesepian Anda. Sebaliknya, makan di luar atau menonton film di bioskop mungkin terasa menakutkan pada awalnya, tetapi mendorong Anda untuk menyelami jenis aktivitas sosial yang akan membantu memecahkan pola isolasi.

Jadi, mulailah membuat perubahan kecil dan menggabungkannya ke dalam rutinitas sehari-hari Anda. Anda akan terkejut melihat perbedaan yang timbul akibat perubahan ini.

Olahraga
Olahraga bukan hanya baik untuk tubuh, melainkan juga membantu mengisi ruang emosional yang kosong. Latihan kardiovaskular memiliki efek mengubah pikiran, yang bukan hanya membuat orang terlihat lebih fit, tetapi juga merasa bahagia terhadap dirinya sendiri.

Selain itu, mendaftar kelas spin, yoga, atau olah tubuh juga membuat Anda merasakan eksistensi yang selama ini dicari.

Buang rasa bersalah
Ada perbedaan antara sendirian dan merasa kesepian. Sebagai manusia, kita semua butuh waktu untuk menyepi sendiri. Berikan diri Anda ruang yang dibutuhkan, ketika Anda membutuhkannya. Tidak perlu menempatkan tekanan sosial yang tidak semestinya pada diri Anda sendiri.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bubbly