Rabu, 18 Maret 2009

Belanja 'Smart' Selamatkan Kantong

KapanLagi.com - Kegiatan mengencangkan ikat pinggang berkaitan erat dengan kebiasaan berbelanja. Mulai sekarang, demi niat Anda untuk berhemat, periksa kembali kebiasaan Anda dalam mengonsumsi barang, terutama bila Anda terbiasa menggunakan 'uang-uang plastik' alias kartu kredit.

1. Kontrol aktivitas kartu kredit Anda. Batasi penggunaan kartu kredit dan usahakan untuk membayar lunas setiap tagihan. Pembayaran minimum payment-nya saja, hanya akan membuat Anda membayar tagihan bunga yang tidak sedikit. Selain itu, usahakan untuk 'setia' pada satu macam kartu kredit saja, dan gunakan pada saat-saat mendesak. Penggunaan satu kartu kredit tidak akan membuat Anda membayar iuran tahunan keanggotaan yang berlipat ganda.

2. Jadwalkan kegiatan berbelanja dan belilah hal-hal yang perlu saja. Hal ini merupakan poin penting untuk kegiatan berhemat Anda. Untuk urusan belanja, selalu belilah barang-barang yang benar-benar Anda butuhkan, bukan barang-barang yang Anda inginkan. Selain itu, selalu buat daftar barang-barang keperluan Anda yang akan Anda beli, terutama untuk belanja barang-barang bulanan. Usahakan untuk disiplin pada daftar yang telah Anda buat.

3. Beralihlah ke factory outlet dan pantau informasi diskon. Membeli busana di outlet-outlet factory outlet (FO) juga menjadi alternatif tempat di masa paceklik seperti ini. Tinggalkan sejenak butik-butik mewah milik perancang terkenal. Selain itu, tidak ada salahnya memantau informasi diskon di surat-surat kabar, terutama bagi merek-merek kesayangan Anda, sebagai salah satu upaya mendapatkan produk berkualitas dengan harga lebih murah.

4. Cermati barang yang berfungsi ganda. Cermat dalam berbelanja, termasuk membeli barang-barang yang sebenarnya memiliki fungsi sama. Misalnya, daripada membeli produk detergen, lalu pewangi pakaian, lalu pelembut pakaian ketika disetrika, lebih baik Anda cukup membeli detergen wangi saja. Bila perlu, ganti detergen Anda dengan satu jenis detergen yang bisa mencakup fungsi di atas. Dan usahakan untuk membeli barang-barang yang dijual dalam kemasan refill (isi ulang) sehingga Anda tidak perlu membayar untuk kemasan. (kpl/az/npy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bubbly